Saturday, November 25, 2017

Taman Kota Jakarta


Belum baca part sebelumnya? Ini link-nya! --> Kopi dan Sirup


-------------------------------------------------



Gue inget banget, waktu itu hari Rabu, bulan September. Gue lagi makan roti sobek di balkon lantai dua rumah gue, pas ada iMessage masuk dari Alana. Waktu itu udah minggu kedua semenjak gue ketemu sama dia di Gramedia, setelah tukeran nomor, kami lumayan rutin chatting, ga setiap hari, tapi lumayan rutin (ga perlu juga kan gue ceritain gue chat apa aja selama dua minggu). Dan hari itu, gue tandain di kalender gue, itu hari di mana gue secara ga langsung ngajak cewe ketemuan!

Jadi, hari itu dia chat gue, 
“Yo, gue kayanya mau ke taman Ayodya Jum’at besok.” 

Mau gue bales, "Ga nanya." tapi gajadi hehe.

“Ooh yang di Barito situ?” bales gue akhirnya.
“Iya, lo tau? Gue ada tugas gambar, di situ asik, banyak pilihan objek juga, tamannya, ke sebelah dikit ada taman Langsat, terus ada gereja Yohanes juga di situ, dan gue seneng liat bangunan di sekitar taman itu.” bales dia.
“Iya gue tau, itu deket banget sama rumah gue dulu. Boleh gue temenin?” sumpah demi apapun, pas abis bales ini, entah kenapa gue merasa tolol banget. Gue berharap iMessage bisa di unsend

Dia bales agak lama. Pucet muka gue, tiba-tiba gue mules ga karuan.

4 menit kemudian, dia bales. Itu 4 menit terlama dalam hidup gue. 

“Boleh dong Yo, hehe. Gue tadi pengen ngajak, tapi bingung mau bilangnya gimana hehe.” 

Ha ha ha, cewe suka cowo yg inisiatif duluan. #tips.

Btw abis baca balesan itu, gue langsung loncat ke pohon mangga, terus gue mandi wajib. 

“Hehe, rencana mau jam berapa emang?” bales gue akhirnya.
“Gue sih rencana jam setengah 9an, gimana? Ketemu langsung di sana aja ya?” bales dia.

Mampus, pagi gila. Tapi ini demi kelangsungan kisah hidup gue, gue jabanin. 

“Okay Al, Friday, 08.30, taman Ayodya. Noted. See you there!” sok kalem banget balesan gue, padahal gue udah lari-lari keliling rumah pake handuk doang abis mandi wajib. 
“Okay Yo!” bales dia lagi.

Maak, anakmu mau ketemu cewek Maak!

-----------------------------

Hari H

Gue berangkat kira-kira pukul 7.20, karena jarak rumah gue ke sana emang jauh, dan sesuai perhitungan gue, gue sampe taman Ayodya sebelum pukul 8.30. Gue harus dateng sebelum waktu janjian, kenapa? Karena cewe suka sama cowo yang tepat waktu. #prinsip.

Gue parkir motor gue, terus gue jalan ke salah satu gazebo di taman Ayodya, kemudian duduk di situ. Ah, taman ini emang enak sih, dan kalo malam minggu, taman ini rame banget biasanya, jadi, ke sini hari Jumat emang pilihan tepat. Ada iMessage masuk dari Alana, nanyain gue di mana, gue bales kalo gue di salah satu gazebo. Gue berdiri sebentar, mau meregangkan badan yang pegal setelah perjalanan jauh, dan pas banget, gue liat dari arah utara, ada wanita mungil dengan sweater putih, charcoal jeans, dan black ankle boots, berjalan ke arah sini, gue benerin posisi kacamata gue, ternyata bener, itu Alana. Seketika gue keringetan, Jakarta panas ya tiba-tiba.


"...wanita mungil dengan sweater putih, charcoal jeans, dan black ankle boots... "

"...gue benerin posisi kacamata gue, ternyata bener, itu Alana."


“Hey!” sapa Alana.
“Hey” jawab gue sok cool
“Hehe, gue ga nyangka lo sampe duluan.” kata dia.
“Weits, jelas dong. Btw, tas lo gede juga ya.” kata gue sambil mengarahkan pandangan ke tasnya.
“Iya, gue bawa sketchbook gede sama perlengkapan lain lah, jadi gue pinjem tas nyokap, tas gue ga ada yang sebesar ini.” kata dia sambil menepuk-nepuk tasnya.
“Hahahaha sampe pinjem tas nyokap banget?” 
“Iya hehe, ga cocok ya?” wah lo harus liat ekspresinya dia pas ngomong ini. 
“Cocooook, jangan nangiis hahahahaha” kata gue takut-takut dia beneran sedih. 
“Hehehehe kirain ga cocok.” 
“Bagus ko, gedean tasnya daripada orangnya tapi hahahahaha.” kata gue lagi. 
“Iiih.” kata dia sambil ngedorong gue ke gazebo. 

Abis itu, dia mulai ngeluarin 'peralatannya', gue manggut-manggut di sebelahnya, oh iya, sketchbook-nya beneran gede, dia ngeluarin earphone dan memberikan earphone sebelah kiri ke gue, gue tolak biar dia bisa konsen, yang dia bales dengan senyum lebarnya. Dia mulai ngegambar, gue merhatiin cara dia gambar, muka seriusnya, mondar-mandir buat ngeliatin objek gambarnya, senyum kecilnya kalo dia sesekali ngeliat ke gue, damn, gue ngerasa ada dua bagian diri gue yang berantem di dalem sana, 

Gue 1: “Yo, jadiin yang ini Yo.” 
Gue 2: “Jangan Yo, kecepetan, tunggu dulu.”
Gue 1: “Ah nunggu mulu, ga jadi-jadi dari dulu juga.”
Gue 2: “Biar mengenal lebih jauh dulu aja Yo.”
Gue 1: "Yo, dengerin, lo belom tentu ketemu cewe kaya gini lagi dalam 20 tahun ke depan, nunggu apa lagi?"
Gue 2: “Sabar Yo.”

Dan ga ada yg menang, gue memilih untuk nyari minuman, bisa gila gue lama-lama ngeliatin Alana. 

“Eh, mau ke mana?” tanya Alana waktu gue berdiri.
“Pu-lang.” jawab gue.
“Loh?” sekali lagi, lo harus liat ekspresi gemesnya ini.
“Hahahahahaha enggaaa, mau nyari minum, haus kan lo?” kata gue yang dia jawab dengan anggukan.“Yaudah, tunggu ya, jangan jauh-jauh kalo mau liat objek, ntar barang-barang kita diambil orang hehe.” kata gue lagi sambil berlalu.

Gue jalan, senyum-senyum sendiri, gue seneng hari itu, bahkan pas ada motor naik trotoar dan nyerempet gue, gue masih tersenyum. Ya abis itu gue maki-maki juga lah, yakali gue senyumin doang.

Gue liat jam, ga kerasa udah pukul 10.37, Alana udah selesai gambar pas gue balik ke gazebo. Dia tersenyum pas gue dateng. Ah, lama-lama keropos ini lutut gue.

“Ko lama? Haus nih.” kata dia mengambil minuman yang gue kasih.
“Biar yang gambar bisa konsen hehe.” kata gue sambil duduk lagi di sebelahnya.
“Hehe, udah beres.”
“Liat dong.” kata gue, lalu dia memberikan sketchbook-nya.

Gila, ini, bagus, banget. 

“Bagus banget Al!” kata gue berbinar-binar.
“Emang iya? Temen-temen di kampus banyak yg lebih bagus lagi loh.” kata dia datar yang bikin gue cuma bisa melongo. Kaya gini aja masih banyak yang lebih bagus? 
“Eh, lo daritadi gue liat ga ngerokok, badan lo juga ga bau rokok tapi bau kentut. Emang lo ga ngerokok atau karena ada gue?” kata dia lagi.
“Gue emang bukan perokok Al, ga suka.” jawab gue.
“Wow, gue kira lo perokok loh.”
“Hehe engga.” jawab gue sambil minum Nu green tea gue. 
“Eh Yo, lo tau ga, dulu, sebelum jadi taman, ini kawasan toko bunga gitu, sama ikan hias juga. Gue pernah loh beberapa kali beli ikan hias di sini.” kata dia menjelaskan. 
“Oh iya? Gue baru tau...” jawab gue.
“Iya, sekitar tahun 2009 gitu, baru deh jadi taman kaya gini. Dulu di sini rame banget sama orang-orang yang suka ikan hias. Sempet heboh juga, karena kaya penggusuran gitu kan buat penjual ikan hiasnya.” kata dia sambil terus bercerita tentang taman ini, gue ga begitu inget sisanya, soalnya waktu itu ga gue rekam hehe.
“Lo tau banyak ya.” kata gue sambil manggut-manggut
“Ah, dikit doang hehe.” kata dia sambil nyeruput minumannya. 

Hening sejenak. Gue menikmati view taman ini, yang menurut gue pribadi emang bagus. 

Alana mengubah posisi duduknya. 

“Eh Yo, tau ga arti dari nama gue, arti dari Alana Travinska?” kata dia tiba-tiba.
“Hmm, gatau, emang apa?” jawab gue.
“Ngga tau, makanya gue nanya.” kata dia polos.

Hehehe, rasanya pengen gue dorong ke kolam aja ini orang. Untung unyu. 

“Yee kirain mau ngasih tau.” jawab gue akhirnya.
 Dia menggelengkan kepalanya, “Ga tau, dulu pernah nanya bokap, katanya ga tau apa artinya, cuma bagus aja, yaudah deh dijadiin nama.” 
“Ya emang bagus kan namanya, cakep, kaya orangnya.” kampret, geli banget, kenapa bisa ngomong kaya gitu ini mulut. 
“Hahahahaha apaan Yoooo.” dia ketawa. Gue bersyukur karena suasananya ga jadi awkward.

Gue keluarin hp, mau liat jam. 

“Lo ga jumat-an Yo?” tanya Alana
“Iya ini mau, gue mau jumat-an di masjid UHAMKA situ, lo mau nunggu di sini apa gimana?” kata gue sambil berdiri.
“Gue ikut aja, di situ kan banyak tukang jajanan.” jawab dia.
“Jangan, banyak cowo-cowo, ntar lo digodain.” gue mendadak posesif, bercanda. 
“Ciee posesif hahahaha.” kata dia sambil nepuk lengan gue. 
“Iya nih, gue ngambek ah.” kata gue.
“Hahahahaha ga panteeess.” kata dia lagi.
“Jalan kaki aja yuk, ga kerasa juga kalo sambil ngobrol.” ajak gue.
“Yuk.”

Akhirnya kami berdua sampe di depan UHAMKA, milih-milih kios jajanan mana yang dia suka, btw, jam-jam mau jumatan ini kios jajanan depan UHAMKA selalu rame banget, akhirnya nemu yang agak kosong, gue ikut duduk sebentar, lalu gue menitipkan HP, dompet, sama jaket ke dia sebelum jalan ke masjid, semoga ga dia bawa kabur itu barang-barang gue. Amiin. 

Selesai salat, gue balik ke tempat jajanan yang tadi. Kayanya Alana udah beres makan jajanannya, gue duduk di sebelahnya.

“Hey, gue kira lo ilang, abis udah bubar daritadi tapi lo ga muncul-muncul.” kata Alana.
“Hehe, kangen juga gue salat di sini, nostalgia dulu tadi. Gimana, kenyang?” tanya gue.
“Hm, ngga sih, nyemil doang kan ini hehe.” jawab dia.
“Gue tau rumah makan padang enak deket sini, tempatnya kecil, tapi enak, how?” kata gue menawarkan.
“Mau.” 
“Ambil motor dulu kali ya, biar pake motor aja ke sananya, lagian kalo jam segini banget masih rame orang kantoran. Eh, btw, lo, ngga..” kata gue sambil menunjuk dia dan masjid bergantian.
“Oh engga, gue lagi halangan. Eh ini HP sama dompet lo?” kata dia membuka tasnya.
“Nitip situ aja Al, boleh ga?” 
“Oh gapapa sih, emang lo ga perlu HP lo?” tanya dia lagi.
“Engga sih, ga akan ada apa-apa juga.” jawab gue sambil berdiri. “Yuk ah.” ajak gue yang dijawab dengan anggukannya.

Kami balik ke taman, duduk-duduk sebentar, ngobrolin mahasiswa UHAMKA, ngobrolin cewe-cewe sekolah yang cakep bin unyu, 
“Wah, cewe sama cowo Lab School sini juga cakep-cakep Al, produk bagus semua.” kata gue di sela-sela obrolan yang dia respon dengan tertawa.
“Hahahaha ‘produk’ banget, Mas? Hahahaha” katanya. 

Ga kerasa, udah sekitar pukul 13.30an.

“Udah jam segini, jalan sekarang?” ajak gue.
“Hayuk, eh tapi, helm?”
“Gue bawa dua helm ko.” kata gue. 
“Okedeeh.” kata dia sambil berdiri, megangin rambutnya yang ketiup angin.

Selalu sedia helm lebih di bagasi motor kalo mau ketemuan sama seorang wanita. #tips.



"'Okedeeh.' kata dia sambil berdiri, megangin rambutnya yang ketiup angin..."


Akhirnya kami berdua makan, hingga hampir waktu ashar pas kita selesai makan.

“Wih mantep Yo, enak!” kata dia setelah keluar dari rumah makan padang. 
“Ya kan, beda rasanya sama yang itu.” kata gue sambil menunjuk ke arah rumah makan padang besar di pengkolan jalan. 
“Iya, gue kira tadi lo mau ngajak gue ke situ.” kata dia sambil ngangguk-ngangguk.
“Hehe, dulu nyokap gue bawain dua menu yang sama dari dua rumah makan padang ini, ternyata yg ini rasanya lebih enak.” kata gue lagi.
“Uda-nya juga ramah banget.”
“Yoi”

Gue memberikan helm ke Alana. 

“Eh, ga usah deh Yo, kayanya gue balik aja.” kata dia
“Lah, yaudah gue anterin aja.” gue harap-harap cemas dalam hati. 
“Gapapa emang? Lo ga ada agenda apa gitu emangnya? Ga ada perlu ke mana? Gapapa nganterin gue?” tanya dia sambil meraih helm dari tangan gue.
“Ngg... ngga ada apa-apa sih.” jawab gue. “Rumah lo di mana?"
“Metro Alam, tau ga?” jawab dia.
“Ngga... Gue taunya Beer Garden tuh di ujung jalan.” 
“Iih, kita ke arah PIM dulu aja, nanti bunderan kita muter, ah nanti gue tunjukkin deh.” kata dia sambil naik ke boncengan gue.
“Okee.” jawab gue.

Gue berterima kasih pada kemacetan Jakarta Selatan sore itu, yang membuat gue jadi punya waktu lebih banyak buat berdua sama dia. Kami ngobrol apapun yang bisa jadi bahan obrolan. Tertawa setiap ngeliat orang-orang yang aneh, ngata-ngatain mereka yang membunyikan klakson padahal lagi macet, berbagi jokes sampah, saling meledek selera musik satu sama lain, dan yang paling gue suka sore itu, warna jingga di langit Jakarta, yang seakan tersenyum hangat melihat gue bahagia. Ternyata begini rasanya. 

Gue nyetir ngikutin petunjuk dia, dan akhirnya gue tau yang namanya Metro Alam, ternyata selama ini gue tau, cuma dulu gue gatau kalo ini namanya jalan Metro Alam. Rumahnya... bagus... ya, rumah daerah sini sih, coba aja Google Maps daerah Metro Alam-Pondok Indah, tapi ga akan gue kasih tau rumahnya Metro Alam berapa hehe. 

Thaaaanks ya Yo, udah ditemenin seharian.” kata dia sambil menyerahkan helm ke gue. 
“Hehe iya, next time, ajak gue lagi aja hehehehehehehehe.” kata gue nyengir kuda. 
“Okeey Yo, abis kemaren gue ga enak, baru kenal udah minta-minta ditemenin hehe.” kata dia sambil megangin tali tasnya.
“Alah, gue juga seneng jalan-jalan.” jawab gue. 
“Mau masuk dulu? Salat ashar?” kata dia menawarkan. 
“Hmm lain kali mungkin, gue shosalatlat di masjid Pondok Indah aja.” jawab gue (sok) kalem, padahal asli gemeter lutut gue ditawarin masuk kerumahnya, grogi parah lah gila. 
“Oh okey.”
“Yaudah, gue bal⎯” kalimat gue terpotong.
“Eh ini HP sama dompet.” kata dia mengambil HP dan dompet gue dari tasnya. 
“Oh, astaga. Makasih Al.” gue mengambil HP dan dompet gue dari tangannya.
“Iya, hampir aja aku lupa...” kata dia, dan, whoops, gue liat perubahan di raut wajahnya, pupilnya membesar, bibir bawahnya sedikit digigit, pipinya kaya udang rebus. 

Gue pun sama kagetnya, untung kulit gue ga seputih dia, jadi ga terlalu keliatan betapa panasnya itu tiba-tiba muka gue.

Awkward parah cuy, krik. 

“Yaudah deh, balik ya Al.” kata gue akhirnya, semoga dia ga sadar itu suara gue gemeteran. 
“Iya, hati-hati Yoo, makasiih.” jawab dia.




Gue berterima kasih pada langit Jakarta sore itu, yang tidak menurunkan hujannya.

Gue berterima kasih pada jalanan Jakarta sore itu, untuk semua kemacetannya. 

Gue berterima kasih pada semesta.

Gue berterima kasih pada pencipta. 

Gue tidak berhenti tersenyum sore itu. 











Eh, gue udah pake deodoran belom ya?





Link buat baca part selanjutnya ---> Warung Langit


Saturday, October 28, 2017

Kopi dan Sirup


Kalo belum baca Part 1-nya, ini link-nya! --> Toko Buku

-------------------------------------------------------------

“Bukain woy.”
“Ga gue kunci, masuk aja.”

Gue buka pintu apartemen temen gue, Keyra, dia berdiri bersandar di balkon, membelakangi gue, rokok di tangan kanannya tinggal sedikit, gue liat ada sembilan puntung rokok di lantai. Ini ga bagus.

“Lo nyuruh gue ke sini malem-malem, bukannya bukain pintu akses, malah ngerokok di sini. Tau kan aturannya kalo ada gue?” gue ambil rokok yang sedang dihisapnya, lalu membuangnya ke lantai.  
“Hehe, maap.” dia jatuhkan kepalanya di pundak gue, meluk gue, nangis, tanpa suara. Matanya bengkak, masih pake setelan ngampus, padahal ini udah hampir pukul 10 malem, tangannya gemeter.
“Hhhh, dasar.” gue diem, ngelus rambutnya yang udah bau rokok, yang bikin baunya nempel ke badan gue juga.

10 menit dia sesenggukan, akhirnya dia ngelepasin pelukannya, masuk ke dalem, duduk di sofa sebelah kasur. Gue ngekor, gue kunci pintu balkon, duduk di samping dia.

“Udah? Mau minum?” tanya gue, yang dia jawab dengan anggukkan.
“Makasih...” katanya lesu setelah minum air putih yang gue kasih.
So?”

Dia menarik satu nafas panjang.

“COWO BRENGSEK!” dia teriak, bikin jantung gue komat-kamit saking kagetnya.
“Wow wow chill, ini apa?” tanya gue sambil takut-takut dicekek cewe sangar ini.
“Gueee ditolaak!”
“He? Ditolak? Sama si itu, siapa namanya, Toni? Eh, Tomi? Apa Tori?” gue beneran lupa nama gebetan temen gue ini.
“Naren, bego, apaan sih jauh banget.”
“Nah iya Naren, akhirnya lu tembak juga hehe.”
“Iya, tapi dia nolak gue.”
“Hehe...” gue ketawa garing.

Abis itu Keyra curhat panjang lebar tentang dia yang baru ditolak sama gebetannya. Hampir dua jam, sekarang dia udah berenti nangis. Gue yang ngedengerin ceritanya cuma bisa manggut-manggut, sesekali menimpali sambil nyemilin Lays. Ga biasanya dia kaya gini, dia ini tipe-tipe cewe yang sangar banget, hobinya aja downhill motocross, gue mah boro-boro, naek motornya aja ga nyampe. Makanya gue kaget liat dia sampe segininya gara-gara cowo, di kampusnya aja dia udah ga dianggep cewe kali. Padahal dia ini cantik, rambutnya pendek sebahu, mukanya udah cantik tanpa make up, maklum, nyokapnya orang Uzbekistan, dan, dia tinggi, gue cuma sebates idungnya doang.  

Keyra, dia bukan tipe orang yang kaya gue, dia tidak takut untuk patah hati dan mengulanginya lagi. Mantannya lebih banyak daripada umur gue sekarang, dia tidak takut dan tidak pernah gengsi untuk menyatakan cintanya duluan. Bener-bener kebalikan dari gue, yang sekali patah hati dan tidak berani untuk memulai lagi.

Gue udah sadar ada keanehan sama gebetannya yg terakhir ini, karena, setiap dia nyeritain tentang Naren ini, Keyra berubah jadi... cewe tulen... Mukanya yang memerah, malu-malu manja, suaranya yang jadi pelan ga kaya toa, pake make up (walaupun gue lagi yang jadi kelinci percobaannya, emang menurut lo gue tau Revlon Ultra HD Matte Embrace dari mana? Sapi kayang?) dan serangkaian hal feminim lain tidak pernah dia lakukan pada semua gebetannya sebelum ini. Gue yakin, kalo lo punya temen tomboy, terus tiba-tiba jadi 'wanita seutuhnya' pasti lo juga bingung, geli, dan ngeri disaat yang bersamaan. Dan, kalo temen tomboy lo sampe jadi kaya gitu, pasti jatuh cintanya udah luar biasa.

Well, tapi cowo itu pengen fokus sama akademik, ya emang kata dia, cowo itu tipe-tipe orang yang study oriented banget, ga pernah pacaran dari lahir, beres kuliah sibuk sama kegiatan asdos, 360 derajat banget dibanding Keyra.

“Yaudah, yang penting kan lo udah nembak juga, udah plong, yang penting lo gausah mendem-mendem lagi kan.”
“Iya, lega sih, eh tapi dia ga brengsek, emosi aja gue tadi.” kata dia meralat kata-katanya pas awal gue dateng.
“Nah, satu beban udah ilang. Mending lo nembak gue aja, ga bakal gue tolak deh.” kata gue bercanda.
“Gue? Sama Elo? Cowo pendek gembul, yang takut sama kecoa, yang naek motor gue aja ga nyampe, yang ga ada macho-machonya, yang kal⎯”
“Oke... iya ga usah nembak gue...” kata gue memotong kalimatnya.
“Eh, lo ga haus? Gue punya Minute Maid di kulkas.”
Yes, dari tadi dong, tamu ga dikasih minum.” kata gue ngedumel
“Lebay, ambil tinggal ambil.”
Gue ngambil minum di kulkas, sekalian ngisi air putih buat dia.
“Nih” kata gue sambil ngasih gelas ke dia, gue duduk lagi di sebelah dia.
“Masih aja lo ya.” kata dia.
“Apa?”
“Ga minum air putih.” kata dia lagi.
“Ssst ah.” jawab gue
“Ginjal lo, bego.”
“Iyaa, bawel deh.”
Your choice.” Keyra mengangkat bahunya.

Hening sejenak, cuma ada suara KRL lewat ditengah-tengah keheningan.

“Yo.”
“Apa?” jawab gue.
“Kalo gue pikir-pikir, dari awal, suka sama Naren tu sama kaya kopi yang gue minum tiap hari, pait, ga ada manis-manisnya, tapi gue suka. Dia itu polos, yang dipeduliin cuma kuliah, gue ngerasain gimana paitnya gue struggle buat dia. Tapi, somehow, gue suka banget sama dia. Senyumnya, gesturnya, parfumenya, dia itu care, tapi ketutup sama polosnya dia. Gue jatuh cinta sama semua bagian dari dia, dan semua itu ngebekas banget buat gue, sama kaya paitnya kopi yang selalu ngebekas di lidah dan tenggorokkan gue. Paitnya dia, setimpal sama sweet little things yang gue dapet dari dia juga. Gue suka sama dia sama kaya gue suka kopi, nagih.” kata dia.

Gue tersenyum.


“Yo, gue pernah baca, kita bisa jatuh cinta berkali-kali. Tapi, jatuh cinta yang terdalam cuma dateng sekali. Gue ngerasain itu sekarang.” kata dia lagi.
“Mungkin itu sama kaya⎯” 
First love lo jaman SMP itu, yang bikin lo buta sama semua perempuan. Gue rasa itu cinta terdalam lo. Who knows” Keyra memotong kalimat gue, yang bikin gue cuma bisa mengangguk pelan, karena gue punya pendapat yang sama.   

Hening sejenak, gue minum Minute Maid gue.

“Kemaren gue ketemu cewe.” kata gue pelan.
“Cewe? Di mana?” tanya dia.
“Di Gramed, dia nyapa gue pas gue lagi milih-milih novel.” jawab gue. 
“Terus?” tanya dia lagi.
Well, she's cutetinylight make upoversized sweater.” 
“Tipe lo banget.”
“Iya, dia minta tukeran nomor.” kata gue melanjutkan.
“HAH?! Gila lo! Kenapa dia pengen tukeran nomor sama cowo kerdil kaya lo?” kata dia sambil memiringkan badannya ke arah gue.
“Kampret. Itu yang gue juga ngeri kenapa dia mau. Gue takut ada apa-apa kalo ada cewe yang mau get to know me” kata gue pelan
"Ah itu mah lo aja yang kelewat trauma." kata di lagi.
"Hmm.." gue menggumam pelan.
“Terus-terus, gimana?” tanya dia bersemangat.
“Rahasia.”

BUG!

Gue ditinju.

“Iya-iya, dia iMessage gue, nih lo baca aja sendiri.” gue ngasih liat hp gue sambil ngelus-ngelus pipi hasil kena bogem mentah.

Dia baca iMessage gue, scroll-scroll, lalu ngebalikkin hp-nya ke gue.
Dia senyum-senyum, dan, gue ga paham apa makna dari senyumnya dia kali ini.

“Kenapa lo, ga pantes lo senyum, garang mah garang aja.” kata gue

BUG!

Gue ditinju, lagi.
  
Udah hampir jam setengah satu malem, tapi gue belom pengen pulang.

“Yo.”
“Hmm?” jawab gue.
“Lo suka ga sama gue?” tanya dia tiba-tiba.
“Suka.” jawab gue pelan tanpa menoleh.
“Suka?” tanya dia lagi sambil ngeliat ke arah gue.
“Iya, kenapa?” tanya gue.
“Suka yang gimana?” tanya dia lagi.
“Ya gue suka temenan sama lo, seneng aja gue punya temen kaya elo, yang asal ceplos, ga jaim, suka deh pokoknya.” jawab gue.
“Fyuh, panik gue, gue kira lo suka yang pengen pacaran gitu, kalo lo jawab gitu, gue usir langsung pasti.” kata dia sambil menyenderkan badannya ke sofa.
“Hehe, gatau kenapa gue ga pernah suka yang kaya gitu ke elo, not even once. Gue ngerasa sama elo tuh udah kaya sama sodara-sodara gue yang laen, gue bener-bener ga perlu jaim karna lo juga ga jaim, kentut tinggal kentut, ngupil juga bebas, gue ngerasa bisa lepas aja.” kata gue sambil kentut ke arah dia.
“Eh sial ya, gue bales lo!”

Kami bales-balesan kentut, mungkin masuk angin gara-gara kelamaan di balkon.

“Ganti baju sana lo, mandi, bau.” kata gue.
“Ntar lo ngintip.”
“Najis, ga napsu gue sama lo.” kata gue lagi.
“Yaudah gue buka nih sekarang.” kata dia nantang.
“Eh jangan lah gila.” jawab gue panik.
“Hahahahaha.” dia ketawa sambil masuk kamar mandi.

Sambil nunggu dia mandi, gue baca-baca lagi iMessage dari cewe yang nyapa gue di Gramedia, Alana, Alana Travinska. Gue senyum-senyum sendiri. Selalu ada perasaan yang berbeda ketika kita sedang ada di fase ini, baca-baca ulang chat, ngebayangin suaranya yang seakan ngobrol beneran, ngebayangin ekspresi ketawanya, deg-degan nungguin balasan chat, mengatur sedemikian rupa supaya chat tidak berhenti, dan sejuta hal menjijikan lainnya. Shes cute, shes sweet. Entah apa sebenernya yang gue rasakan ini, yang jelas, gue pengen bisa bareng sama dia. Sibuk bacain iMessage, ga sadar, Keyra udah selesai mandi.

“Senyum-senyum sendiri, mikir jorok lo ya.” kata dia.
“Iya, mikirin lo, elo kan jorok." jawab gue.

Gue dilempar handuk.

“Eh Key, kalo gue pikir-pikir, gue sama Alana ini kaya sirup yang gue minum tiap hari. Manis. Bawaannya pengeeen terus, menurut lo gimana?” kata gue.

Keyra tersenyum.

“Udah jam segini, lo balik gih, ntar nyokap lo nyariin.” kata dia.
"Ngusir lo?" jawab gue.
"Yee ngga gitu, Cebol." kata dia sambil mengambil handuk dari tangan gue.
“Ah takut gue Key balik sendiri pake motor jam segini, gue nginep sini aja lah ya?” kata gue memelas, bercanda.
“Yeee, gue sundut rokok lo, mau?”
“Yailah Key, tidur sofa aja gue.” kata gue lagi.
“Ogah gue tidur satu kamar sama otak mesum kaya lo.”
“Key...” gue memelas.
“GUE SUNDUT BENERAN NIH YA!” kata dia sambil ngambil rokok.
“Hahahahaha jangaaan, iyaa ini gue balik.” kata gue sambil beranjak dari sofa.
“Gue anterin sampe lobi?”
“Ga usah, lo langsung tidur aja.” kata gue.
“Sampe lift deh, ga enak gue.” kata dia sambil mamakai sandalnya.
“Yaudah.” jawab gue.

Gue dan dia akhirnya jalan ke arah lift yang ga terlalu jauh, gue agak di depan karena dia nutup kamar dulu.

Thaaanks ya Yoooo, udah mau dateng nemenin gue. Titip salam buat nyokap ya, ntar gue maen ke rumah deh bawain rujak kesukaan nyokap lo itu.” kata dia sambil ngerangkul gue dari belakang.
“Hahahaha iyaa, berat lo ah.
“Hehe, jahat lo.” kata dia lagi.

Gue mencet tombol buat manggil lift ke atas, nguap beberapa kali, sambil tangan gue dicubitin sama Keyra, sampe akhirnya lift-nya sampe.

Gue jalan ke arah lift.

Keyra manggil gue.

“Yo.”

Gue nengok ke belakang.


“Lo tau kan, kalo 'sirup' yang selalu lo minum itu, 'ga sehat'?” kata dia sambil tersenyum.


Pintu lift menutup.



Gue bengong, mikir di dalem lift.

Dari lantai 17 ke lobi terasa cepat.

Pintu lift terbuka.

Gue keluar lift.

Ke parkiran motor, gue ambil helm gue, duduk di atas jok.

Gue tersenyum.

Gue menggumam pelan.

“Iya, 'sirup' ga sehat.”

Key, itu maksud senyuman lo buat Alana?




Gue berhenti di depan pos parkir, mampus, tiket parkir gue mana?



 Klik di sini untuk chapter berikutnya --> Taman Kota Jakarta










Saturday, October 7, 2017

Toko Buku


“Suka baca novelnya Ika Natassa juga?”
“Eh?” gue kaget dan menoleh ke kiri, melihat seorang perempuan yang keliatannya seumuran gue, mengarahkan pandangannya ke buku yang sedang gue pegang.
“Oh iya, gue, suka. Hehe” jawab gue gugup.
“Jarang liat cowo baca novel hehe.” katanya sambil memilah-milah buku di deretan Tere Liye.

Tuesday, June 27, 2017

Sisi Lain Lebaran

Haloo semuanyaaa!
Gimana-gimana kabarnya? Sehat?
Eh, udah lebaran ya, mohon maaf lahir batin dulu dong sini. *sungkem*
Ada momen seru apa nih di lebaran kali ini? Ha? Mantan ngajakin nikah?
Kereeen, gue juga mau bagi-bagi momen lebaran nih, tapi gue gamau bagi-bagi momen bahagia, karena semua orang udah berbagi kebahagiaan pas lebaran, dan gue kan ga suka jadi mayoritas, postingan ini bakalan santai aja, ga terlalu “serius” dalam pembawaannya, tapi semoga tetep ada makna yang bisa diambil, so sambil ditemenin nasi rendang dan segelas janji palsu, yuk mulai!



      Lebaran, pasti selalu jadi momen seru, momen bahagia, momen kemenangan dimana kita kembali fitri, momen dimana kita berhasil mengalahkan nafsu selama sebulan penuh, menambah pundi-pundi amal, dan pastinya saat yang tepat buat menjalin kembali tali silaturahmi.

      Tapi, lebaran juga bisa jadi momen yang menyakitkan.

      Kenapa?

      Karena..

      Karena kita tidak bisa menikmati, dan menjalani momen lebaran dengan orang yang kita cintai. Mungkin ini lebaran pertama tanpa pasangan, mungkin ini lebaran pertama kita ngga sungkem sama keluarga pacar. Mungkin, ini lebaran pertama tanpa keluarga yang lengkap, ada keluarga yang ngga bisa hadir karena ada keperluan sampe ga bisa mudik, atau mungkin, ini lebaran pertama sejak ditinggal pergi anggota keluarga yang udah dipanggil Tuhan untuk pulang.

      Kita terlalu fokus melihat kebahagiaan di hari lebaran, sedangkan gue tertarik untuk melihat sisi lain dari hari lebaran, yaitu kesedihan.

      Ada temen gue yang merasakan bahwa momen lebaran kali ini bukanlah momen dimana dia pengen melakukan semua hal-hal bahagia. Justru di momen lebaran kali ini, rindu, tangis dan penyesalannya yang memenuhi hari lebarannya.

Iya, ini lebaran pertamanya tanpa sosok ayahnya.

Sosok ayah yang selalu memimpin saat akan berangkat solat ied.

Sosok ayah yang selalu bersemangat saat bagi-bagi thr.

Sosok ayah yang selalu riang saat foto keluarga besar.


Sekarang...

Tidak ada lagi pemimpin saat akan berangkat solat ied.

Tidak ada lagi semangat saat bagi-bagi thr.

Tidak ada lagi senyum ayah terlihat di foto keluarga besar.


Dia rindu. Dia rindu sosok ayahnya.


Yang selalu membelai lembut rambut panjangnya dalam diam.

Yang selalu menjadi tujuan pertama saat ada yang melukai hatinya.

Yang selalu tersenyum tanpa menghakimi saat ada masalah dalam hari-harinya.

Yang selalu memeluk erat sambil meminta maaf atas ketidaksempurnaannya dalam menjaga, mendidik, dan memberi contoh dalam hidupnya.

Yang akan selalu menjadi cinta pertamanya.


Dia menangis.

Bukan karena dia lemah.


Dia menangis.

Tangis penyesalan.

Dia menyesal.

Karena terlalu asik dengan teman-temannya.

Karena terlalu sibuk dengan kuliahnya.

Karena tidak pulang kerumah saat ada jeda di kuliahnya.

Sekarang...

Dia tidak punya waktu lagi untuk ayahnya.

Dia tidak punya kesempatan lagi untuk memeluk ayahnya.

Dia tidak punya lagi tujuan untuk melepas air matanya.

Dia tidak bisa lagi melihat senyum ayahnya.

Dia tidak bisa lagi melihat cinta pertamanya.

Gue ngga bermaksud membuka lagi luka, kalau ternyata kalian punya cerita yang sama kaya temen gue ini. Gue hanya ingin membuka mata kalian, kalau ada sisi lain selain kebahagiaan di hari lebaran.

Temen gue juga ga seterusnya sendu. Bukan selalu berdiam diri di kamar meratapi kepergian ayahnya. Dia tetap upload foto cantiknya pake baju lebaran kembaran sama adik dan ibunya, dia juga tetap ceria menyambut hari raya, dia juga tetap foto-foto sama teman rumah masa kecilnya. Dia sama seperti kita, membagi kebahagiaan di sosial media, menebar senyum di sekitarnya, dia melakukan hal itu supaya dia lupa sesaat tentang kepergian ayahnya. Tapi kenangan itu memang kurang ajar, selalu datang tanpa meminta izin dari orang yang bersangkutan.

Dia ingat ayahnya.  

Dan dia rindu.

Tapi dia sosok yang kuat, sebagai kakak yang membuat adiknya bisa bangkit bersama menghadapi kehilangan.

Dia sosok yang kuat, sebagai anak yang selalu memeluk ibunya.

Dia sosok yang kuat.

Gue ngga bisa apa-apa saat dia cerita kalo ayahnya meninggal. Gue tercekat, tenggorokan gue kaku. Gue tau betapa dekatnya dia sama ayahnya. Gue cuma bisa meluk dia saat itu, diam, tidak perlu kata-kata “tabah ya” atau “kuat ya” atau “Ayah udah seneng disana” karena dia tidak butuh itu, dia tidak butuh saran apapun, dia hanya butuh didengarkan. Dia tidak meminta orang lain untuk memahami perasaannya. Karena seperti postingan gue dulu, semua orang punya skala sakit masing-masing yang ga akan sama. Orang ga akan mengerti perasaan sakit sesorang. Dia hanya butuh ditenangkan.

Seperti saat ini, saat akhirnya dia cerita tentang rindunya yang datang kembali. Gue tidak perlu mengucapkan apapun, cukup mendengarkan, dan memeluknya dalam diam.

Gue sendiri ngga tau mau gimana kalo gue yang ada di posisi dia, mungkin gue ga sekuat dia, atau mungkin gue bisa lebih kuat dari dia.

Gue mungkin hanya sering merasakan versi kecil dari ditinggalkan, ditinggalkan seorang wanita secara tiba-tiba tanpa alasan apapun, chat tidak dibalas, chat ga di-read, dikacangin, adalah sesuatu yang sangat biasa buat gue. Hina sekali memang gue...

Tapi, walaupun hal itu sering kejadian, ada dua sisi yang gue rasakan. Di satu sisi, tidak ada yang berubah. Rasa sakitnya ngga ilang, rasa sakitnya ga berkurang. Tapi yang berubah adalah bagaimana gue mengatasi dan ga terlalu kaget lagi saat hal itu kejadian.

Sampe akhirnya, gue sudah tidak lagi berekspektasi pada seorang wanita. Karena ekspektasi gue selalu patah, dan gue tidak ingin lagi merasakan kecewa saat ditinggalkan, kecewa saat chat tidak dibalas, dan lain sebagainya. Karena itu, gue memilih untuk tidak memulai "sesuatu" dengan wanita.

Hehe, makanya jangan mudah percaya dengan gue yang di sosial media. Sini, duduk berdua, ngobrol serius sama gue, baru judge gue orang yang seperti apa.

Ah, udah deh, panjang amat. Maapin ya! Selamat lebaraaaann!!!!