Kalo belum baca Part 1-nya, ini link-nya! --> Toko Buku
-------------------------------------------------------------
“Bukain woy.”
“Ga gue kunci, masuk
aja.”
Gue buka pintu
apartemen temen gue, Keyra, dia berdiri bersandar di balkon, membelakangi gue,
rokok di tangan kanannya tinggal sedikit, gue liat ada sembilan puntung rokok di
lantai. Ini ga bagus.
“Lo nyuruh gue
ke sini malem-malem, bukannya bukain pintu akses, malah ngerokok di sini. Tau kan
aturannya kalo ada gue?” gue ambil rokok yang sedang dihisapnya, lalu membuangnya ke lantai.
“Hehe, maap.” dia
jatuhkan kepalanya di pundak gue, meluk gue, nangis, tanpa suara. Matanya bengkak,
masih pake setelan ngampus, padahal ini udah hampir pukul 10 malem, tangannya gemeter.
“Hhhh, dasar.” gue
diem, ngelus rambutnya yang udah bau rokok, yang bikin baunya nempel ke badan
gue juga.
10 menit dia
sesenggukan, akhirnya dia ngelepasin pelukannya, masuk ke dalem, duduk di sofa
sebelah kasur. Gue ngekor, gue kunci pintu balkon, duduk di samping dia.
“Udah? Mau minum?”
tanya gue, yang dia jawab dengan anggukkan.
“Makasih...” katanya
lesu setelah minum air putih yang gue kasih.
“So?”
Dia menarik satu
nafas panjang.
“COWO BRENGSEK!” dia
teriak, bikin jantung gue komat-kamit saking kagetnya.
“Wow wow chill,
ini apa?” tanya gue sambil takut-takut dicekek cewe sangar ini.
“Gueee ditolaak!”
“He? Ditolak? Sama
si itu, siapa namanya, Toni? Eh, Tomi? Apa Tori?” gue beneran lupa nama gebetan
temen gue ini.
“Naren, bego, apaan
sih jauh banget.”
“Nah iya Naren,
akhirnya lu tembak juga hehe.”
“Iya, tapi dia nolak
gue.”
“Hehe...” gue ketawa garing.
Abis itu Keyra
curhat panjang lebar tentang dia yang baru ditolak sama gebetannya. Hampir dua
jam, sekarang dia udah berenti nangis. Gue yang ngedengerin ceritanya cuma bisa
manggut-manggut, sesekali menimpali sambil nyemilin Lays. Ga biasanya dia kaya
gini, dia ini tipe-tipe cewe yang sangar banget, hobinya aja downhill motocross,
gue mah boro-boro, naek motornya aja ga nyampe. Makanya gue
kaget liat dia sampe segininya gara-gara cowo, di kampusnya aja dia udah ga
dianggep cewe kali. Padahal dia ini cantik, rambutnya pendek sebahu, mukanya
udah cantik tanpa make up, maklum, nyokapnya orang Uzbekistan, dan, dia tinggi, gue cuma sebates
idungnya doang.
Keyra, dia bukan
tipe orang yang kaya gue, dia tidak takut untuk patah hati dan mengulanginya
lagi. Mantannya lebih banyak daripada umur gue sekarang, dia tidak takut dan
tidak pernah gengsi untuk menyatakan cintanya duluan. Bener-bener kebalikan
dari gue, yang sekali patah hati dan tidak berani untuk memulai lagi.
Gue udah sadar ada keanehan sama gebetannya yg
terakhir ini, karena, setiap dia nyeritain tentang Naren ini, Keyra berubah
jadi... cewe tulen... Mukanya yang memerah, malu-malu manja, suaranya yang jadi
pelan ga kaya toa, pake make up (walaupun gue
lagi yang jadi kelinci percobaannya, emang menurut lo gue tau Revlon Ultra HD Matte Embrace dari mana? Sapi kayang?) dan serangkaian hal feminim lain tidak
pernah dia lakukan pada semua gebetannya sebelum ini. Gue yakin, kalo lo punya
temen tomboy, terus tiba-tiba jadi 'wanita seutuhnya' pasti lo juga bingung, geli, dan
ngeri disaat yang bersamaan. Dan, kalo temen tomboy lo sampe jadi kaya gitu,
pasti jatuh cintanya udah luar biasa.
Well,
tapi cowo itu pengen fokus sama akademik, ya emang kata dia, cowo itu tipe-tipe
orang yang study oriented banget, ga pernah pacaran dari
lahir, beres kuliah sibuk sama kegiatan asdos, 360 derajat banget dibanding
Keyra.
“Yaudah, yang
penting kan lo udah nembak juga, udah plong, yang penting lo gausah
mendem-mendem lagi kan.”
“Iya, lega sih, eh
tapi dia ga brengsek, emosi aja gue tadi.” kata dia meralat kata-katanya pas
awal gue dateng.
“Nah, satu beban
udah ilang. Mending lo nembak gue aja, ga bakal gue tolak deh.” kata gue
bercanda.
“Gue? Sama Elo? Cowo
pendek gembul, yang takut sama kecoa, yang naek motor gue aja ga nyampe, yang
ga ada macho-machonya, yang kal⎯”
“Oke... iya ga usah
nembak gue...” kata gue memotong kalimatnya.
“Eh, lo ga haus? Gue
punya Minute Maid di kulkas.”
“Yes, dari
tadi dong, tamu ga dikasih minum.” kata gue ngedumel
“Lebay, ambil
tinggal ambil.”
Gue ngambil minum di
kulkas, sekalian ngisi air putih buat dia.
“Nih” kata gue
sambil ngasih gelas ke dia, gue duduk lagi di sebelah dia.
“Masih aja lo ya.”
kata dia.
“Apa?”
“Ga minum air
putih.” kata dia lagi.
“Ssst ah.” jawab gue
“Ginjal lo, bego.”
“Iyaa, bawel deh.”
“Your choice.”
Keyra mengangkat bahunya.
Hening sejenak, cuma
ada suara KRL lewat ditengah-tengah keheningan.
“Yo.”
“Apa?” jawab gue.
“Kalo gue pikir-pikir,
dari awal, suka sama Naren tu sama kaya kopi yang gue minum tiap hari, pait, ga
ada manis-manisnya, tapi gue suka. Dia itu polos, yang dipeduliin cuma kuliah,
gue ngerasain gimana paitnya gue struggle
buat dia. Tapi, somehow, gue suka
banget sama dia. Senyumnya, gesturnya, parfumenya,
dia itu care, tapi ketutup sama
polosnya dia. Gue jatuh cinta sama semua bagian dari dia, dan semua itu
ngebekas banget buat gue, sama kaya paitnya kopi yang selalu ngebekas di lidah
dan tenggorokkan gue. Paitnya dia, setimpal sama sweet little things yang gue dapet dari dia juga. Gue suka sama dia sama kaya gue suka kopi, nagih.” kata
dia.
“Yo, gue pernah baca, kita bisa jatuh cinta
berkali-kali. Tapi, jatuh cinta yang terdalam cuma dateng sekali. Gue ngerasain
itu sekarang.” kata dia lagi.
“Mungkin itu sama kaya⎯”
“First
love lo jaman SMP itu, yang bikin lo buta sama semua perempuan. Gue rasa
itu cinta terdalam lo. Who knows”
Keyra memotong kalimat gue, yang bikin gue cuma bisa mengangguk pelan, karena
gue punya pendapat yang sama.
Hening sejenak, gue
minum Minute Maid gue.
“Kemaren gue ketemu cewe.” kata gue pelan.
“Cewe? Di mana?”
tanya dia.
“Di Gramed, dia
nyapa gue pas gue lagi milih-milih novel.” jawab gue.
“Terus?” tanya dia
lagi.
“Well, she's cute, tiny, light
make up, oversized sweater.”
“Tipe lo banget.”
“Iya, dia minta tukeran nomor.” kata gue melanjutkan.
“Iya, dia minta tukeran nomor.” kata gue melanjutkan.
“HAH?! Gila lo! Kenapa dia pengen tukeran nomor sama cowo kerdil kaya lo?” kata dia sambil
memiringkan badannya ke arah gue.
“Kampret. Itu yang
gue juga ngeri kenapa dia mau. Gue takut ada apa-apa kalo ada cewe yang
mau get to know me” kata gue pelan
"Ah itu mah lo
aja yang kelewat trauma." kata di lagi.
"Hmm.."
gue menggumam pelan.
“Terus-terus,
gimana?” tanya dia bersemangat.
“Rahasia.”
BUG!
Gue ditinju.
“Iya-iya, dia
iMessage gue, nih lo baca aja sendiri.” gue ngasih liat hp gue sambil
ngelus-ngelus pipi hasil kena bogem mentah.
Dia baca iMessage
gue, scroll-scroll, lalu ngebalikkin hp-nya ke gue.
Dia senyum-senyum,
dan, gue ga paham apa makna dari senyumnya dia kali ini.
“Kenapa lo, ga
pantes lo senyum, garang mah garang aja.” kata gue
BUG!
Gue ditinju, lagi.
Udah hampir jam
setengah satu malem, tapi gue belom pengen pulang.
“Yo.”
“Hmm?” jawab gue.
“Lo suka ga sama
gue?” tanya dia tiba-tiba.
“Suka.” jawab gue
pelan tanpa menoleh.
“Suka?” tanya dia
lagi sambil ngeliat ke arah gue.
“Iya, kenapa?” tanya
gue.
“Suka yang gimana?”
tanya dia lagi.
“Ya gue suka temenan
sama lo, seneng aja gue punya temen kaya elo, yang asal ceplos, ga jaim, suka
deh pokoknya.” jawab gue.
“Fyuh, panik gue,
gue kira lo suka yang pengen pacaran gitu, kalo lo jawab gitu, gue usir
langsung pasti.” kata dia sambil menyenderkan badannya ke sofa.
“Hehe, gatau kenapa
gue ga pernah suka yang kaya gitu ke elo, not even once. Gue
ngerasa sama elo tuh udah kaya sama sodara-sodara gue yang laen, gue
bener-bener ga perlu jaim karna lo juga ga jaim, kentut tinggal kentut, ngupil
juga bebas, gue ngerasa bisa lepas aja.” kata gue sambil kentut ke arah dia.
“Eh sial ya, gue
bales lo!”
Kami bales-balesan
kentut, mungkin masuk angin gara-gara kelamaan di balkon.
“Ganti baju sana lo,
mandi, bau.” kata gue.
“Ntar lo ngintip.”
“Najis, ga napsu gue
sama lo.” kata gue lagi.
“Yaudah gue buka nih
sekarang.” kata dia nantang.
“Eh jangan lah gila.” jawab gue panik.
“Hahahahaha.” dia
ketawa sambil masuk kamar mandi.
Sambil nunggu dia
mandi, gue baca-baca lagi iMessage dari cewe yang nyapa gue di Gramedia, Alana,
Alana Travinska. Gue senyum-senyum sendiri. Selalu ada perasaan yang berbeda
ketika kita sedang ada di fase ini, baca-baca ulang chat, ngebayangin suaranya yang seakan ngobrol beneran,
ngebayangin ekspresi ketawanya, deg-degan nungguin balasan chat, mengatur sedemikian rupa supaya chat tidak berhenti, dan sejuta hal menjijikan
lainnya. She’s cute, she’s sweet. Entah apa sebenernya yang gue
rasakan ini, yang jelas, gue pengen bisa bareng sama dia. Sibuk bacain iMessage, ga sadar, Keyra udah
selesai mandi.
“Senyum-senyum
sendiri, mikir jorok lo ya.” kata dia.
“Iya, mikirin lo, elo kan jorok." jawab gue.
Gue dilempar handuk.
“Eh Key, kalo gue
pikir-pikir, gue sama Alana ini kaya sirup yang gue minum tiap hari. Manis.
Bawaannya pengeeen terus, menurut lo gimana?” kata gue.
Keyra tersenyum.
“Udah jam segini, lo balik gih, ntar nyokap lo nyariin.” kata dia.
"Ngusir
lo?" jawab gue.
"Yee ngga gitu, Cebol." kata dia sambil mengambil handuk dari tangan gue.
“Ah takut gue Key balik sendiri pake motor jam segini, gue nginep sini aja lah ya?” kata gue memelas, bercanda.
“Ah takut gue Key balik sendiri pake motor jam segini, gue nginep sini aja lah ya?” kata gue memelas, bercanda.
“Yeee, gue sundut
rokok lo, mau?”
“Yailah Key, tidur
sofa aja gue.” kata gue lagi.
“Ogah gue tidur satu
kamar sama otak mesum kaya lo.”
“Key...” gue memelas.
“Key...” gue memelas.
“GUE SUNDUT BENERAN
NIH YA!” kata dia sambil ngambil rokok.
“Hahahahaha
jangaaan, iyaa ini gue balik.” kata gue sambil beranjak dari sofa.
“Gue anterin sampe
lobi?”
“Ga usah, lo langsung
tidur aja.” kata gue.
“Sampe lift deh,
ga enak gue.” kata dia sambil mamakai sandalnya.
“Yaudah.” jawab gue.
Gue dan dia akhirnya
jalan ke arah lift yang ga terlalu jauh, gue agak di depan
karena dia nutup kamar dulu.
“Thaaanks ya
Yoooo, udah mau dateng nemenin gue. Titip salam buat nyokap ya, ntar gue maen
ke rumah deh bawain rujak kesukaan nyokap lo itu.” kata dia sambil ngerangkul gue
dari belakang.
“Hahahaha iyaa,
berat lo ah. ”
“Hehe, jahat lo.”
kata dia lagi.
Gue mencet tombol
buat manggil lift ke atas, nguap beberapa kali, sambil tangan
gue dicubitin sama Keyra, sampe akhirnya lift-nya sampe.
Keyra manggil gue.
“Yo.”
Gue bengong, mikir
di dalem lift.
Dari lantai 17 ke
lobi terasa cepat.
Pintu lift terbuka.
Gue keluar lift.
Ke parkiran motor,
gue ambil helm gue, duduk di atas jok.
Gue tersenyum.
Gue menggumam pelan.
“Iya, 'sirup' ga sehat.”
Key, itu maksud senyuman lo buat Alana?
Gue berhenti di depan pos parkir, mampus, tiket parkir gue mana?
Klik di sini untuk chapter berikutnya --> Taman Kota Jakarta
