Saturday, August 13, 2016

Maha-nya Para Siswa

Halo halo, apa kabar kalian?
Gimana mama-papa? Sehat?
Urusan kuliah gimana, lancar?
Malem ini gue mau nyeritain pengalaman asik nih, ditemenin sama lagu-lagu tahun 2000an dan segelas susu soda, yuk mulai!



Jadi, gue lagi di café gitu, bertiga sama temen gue, Asep, dan temennya Asep. Gue ga kenal, alhasil gue jadi nyamuk ngedengerin mereka ngobrol. Awalnya gue ga terlalu peduli sama obrolan mereka, sampe akhirnya ada satu topik yang bikin telinga gue jadi panas, ternyata telinga gue dibakar pake korek.
Gue dan Asep ini satu jurusan di kampus, dan temennya si Asep ini beda jurusan sama kami, dia mulai cerita tentang gimana kondisi perkuliahan di jurusannya dia yang menurut dia berat, mulai banyak keluhan yang keluar dari mulutnya, gue nguping, ya ga nguping juga karena satu meja kan, dan kayanya gue udah tau arah pembicaraannya dia. Bener aja, akhirnya sesuatu itu keluar dari mulutnya.

’Emang IP lu kemaren berapa?’ kata temennya si Asep sambil menghisap rokoknya.
‘Gue dapet 3,4 sih, yah, lumayan lah cuy’ jawab si Asep kalem.
‘Haha, gue sih Cuma bisa 2,xx. Ya elu enak sih ya, jurusan lu kan cuma bla bla bla, ga kaya jurusan gue yang harus bla bla bla, belom lagi tugasnya bla bla bla.’ temennya Asep mulai nyerocos ngeremehin jurusan gue dan si Asep.
‘Hehe.’ Asep cuma senyum.

Saat itu rasanya pengen gue cium jidat temennya si Asep, pake linggis.

Pas temennya Asep mulai mengarahkan pandangan ke gue, membuka mulut untuk menanyakan pertanyaan yang sama ke gue, gue pasang senyum paling manis sambil ngebakar ujung garpu pake korek, siap mendarat di pantatnya. Tapi akhirnya dia menutup lagi mulutnya, dan ga jadi nanya. :)
---
Kenapa banyak orang yang meremehkan suatu jurusan hanya karena mereka merasa jurusan mereka terasa lebih berat, dan jurusan lain itu mudah. Ada temen gue, yang bisa dapet nilai bagus di jurusan seni musik, pendidikan guru dan psikologi gitu, dan dengan gampang orang ngomong, ‘Iyalah bagus, maen musik doang, gue juga bisa hahaha’, ‘Iyalah bagus, pendidikan guru emang ngapain sih, paling juga gitu-gitu doang.’, ‘Iyalah gampang, paling psikologi ngapal-ngapal doang, cetek.’. Lu kira maen musik ga ada ilmunya? Lu kira ngedidik anak bisa asal gitu doang? Psikologi ngapal-ngapal doang pala lu. Hell no. Setiap jurusan tu ga ada yang gampang, jangan karena jurusan lu banyak itung-itungannya jadi berasa jurusan lu paling susah. Gue pernah liat satu tugas anak seni musik, dan itu jauh dari kata “gampang”, susah, banget. Belom lagi tugas prakteknya, ga segampang namanya. Tugas temen gue yang pendidikan guru juga jauh dari kata “mudah”, tugasnya banyak dan ga bisa seenak jidat ngerjannya. Gue suka benci orang yang dengan gampang meremehkan jurusan orang lain, belum tentu lu juga bisa dapet nilai sebagus itu kalo elu ada di jurusan yang elu remehkan itu. Semua itu tergantung seberapa besar usaha elu juga, usaha elu udah pantes apa belom buat dapet nilai bagus. Temen gue ada anak Teknik, dia bisa dapet 3,4xx karena emang ga asal. Tugasnya dia juga banyak, susah-susah juga, tapi ternyata bisa. Temen gue anak psikologi, yang katanya gampang, cuma ngapal-ngapal, banyak juga yang kesulitan dapet nilai bagus. Karena emang pada dasarnya bukan jurusan yang membuat nilai seseorang bagus atau engga, tapi seberapa besar passion kita di bidang itu. Kan jurusan juga udah pilihan kita sendiri, ga kaya sekolah yang harus belajar suatu pelajaran yang mungkin kita ga suka atau ga kita kuasai, ini kan kuliah, kita yang milih bidangnya, kita yang nentuin mau kemana, kenapa masih mengeluh?

Setiap jurusan juga pasti banyak tugasnya, setiap jurusan juga pasti ada dosen yang nyebelinnya, setiap jurusan juga pasti ada prakteknya, ga peduli dimanapun kuliahnya, tapi kan kembali lagi gimana usaha kita untuk mengikuti mata kuliah dengan baik, jangan seenak jidat ngeremehin jurusan orang lain sebagai defense mechanism elu supaya membuat perasaan elu lebih nyaman. Ga enak rasanya jurusan yang kita pilih diremehin gitu aja, dibilang jurusan “gampang”, rumput tetangga pasti keliatan lebih hijau, ngeliat orang yang dapet nilai bagus pasti rasanya dongkol dan mulai mencari-cari keburukannya. Berhentilah bersikap kaya gitu, mulai liat diri sendiri aja, pencapaian segitu pantes ga sama usaha yang udah dilakuin?

Begitu juga sama urusan contek-mencontek, gampang banget ngomong atau nyindir “Lupa temen kalo ujian mah.” “Temen mah masuk bareng lulus bareng” “Kalo temen mah bisa kali nyontekin”. Ya, katanya kalo temen yang baik itu temen yang mau nyontekin, dan menurut gue, temen yang baik adalah temen yang ga akan tega nyontek dengan mudahnya ke temennya yang udah belajar sampe tengah malem buat dapet hasil yang memuaskan sedangkan yang nyontek cuma maen seharian, hura-hura, tapi pengen dapet hasil memuaskan.

Gue pernah tanya sama temen gue yang selalu jadi "target dicontek". Lu gatau kan gimana dirumah dia belajar sampe tengah malem, atau tidur cepet biar bisa bangun dini hari buat belajar, ada juga yang belajar seharian di kamar sampe makan malamnya dianterin ke kamarnya, sedangkan yang nyontek ini asik aja main game, nongkrong, hura-hura, tapi pengen dapet hasil yang sama kaya yang capek-capek belajar. Kalo gue sih ga akan tega nyonteknya, dengan struggle­­-nya dia belajar tapi dengan mudahnya kita minta jawaban ke dia, ga jarang mintanya maksa, ckck. Makanya kemaren gue nyonteknya baik-baik kan. Terus ntar pas dapet nilai bagus karena nyontek, bisa dengan bangganya ngeledek mereka yang nilainya tidak sebagus yang nyontek ini, padahal yang nyontek ini juga bangga bukan dengan hasil jerih payahnya sendiri. 

Come on, mulailah malu ketika nyontek, mulailah menerima kalo hasil ga akan mengkhianati usaha. Usaha kalian udah sama apa belum sama mereka yang bisa dapet nilai bagus? Kalo mau mendapat sesuatu, ya kalian harus berusaha, jangan cuma ngambil jalan cepet aja. Iya emang jangan terlalu berpatokan sama nilai, ‘Yaelah IP/nilai bagus bukan jaminan pinter juga sih elah.’, kalo gitu jangan nyontek dong buat dapet nilai bagus, kan nilai jelek juga bukan jaminan elu ga pinter. :)

Setidaknya mereka yang mendapat nilai bagus adalah mereka yang rajin, mereka yang tidak membuang sia-sia kesempatan untuk kuliah, karena nyari uang buat bayar kuliah ga semudah membalikkan piring. Mulailah menghargai usaha orang tua mencari uang, hargai besarnya kesempatan untuk kuliah, mulai bersyukur, dan jangan meremehkan orang lain.


Yuk. :)


0 comments:

Post a Comment