Sunday, September 16, 2012

Kehidupan Baru di Kota Pempek

Gue abis baca blog seseorang dan gue terilhami buat share tentang kehidupan gue di kota yg baru buat gue, Palembang

Sekitar bulan Oktober 2009, bokap gue dapet tawaran pekerjaan yg lebih menjajikan di Palembang. Oh ya, gue tu dari lahir dan besar di Bandung dan gue sempet kaget juga denger kabar bahwa bokap gue bakal pindah ke Palembang. Akhirnya bokap ke Palembang buat survey dulu, ternyata kerjaannya oke juga dan bosnya tu minta ke bokap gue biar dibawa sekalian keluarganya. Setelah diskusi panjang lebar, bokap gue sendiri dulu di Palembang dan rencananya gue nyelesein SMP gue dulu di Bandung baru gue ke Palembang..


Januari awal gue masih di Semarang karna emang liburan semester masih few days left, tiba-tiba bokap telpon ke nyokap buat pesen tiket pesewat ke Jakarta, gue bingung buat apaan ke Jakarta ngapain juga harus ke Jakarta dulu. Abis itu nyokap gue jelasin ke gue ternyata dari semarang ini gue disuruh langsung ke Palembang berdua sama nyokap gue. Gila, ga ada persiapan, tiba-tiba harus ke Palembang. Jujur gue sempet shock banget, secara ninggalin Bandung buat ke Palembang? What? Gue ga setuju banget, tapi gue paling ga bisa ngelawan nyokap gue. Gue sempet chatting juga sama temen deket gue dan mereka juga menyayangkan keputusan gue. Sampe gue terharu banget pas temen gue, sebut aja Gadis (nama tidak disamarkan) rela nge-like semua status FB sepupu gue biar sepupu gue ini ngebujuk gue biar ga pindah. Trus gue ngomong ke si Gadis kalo emang ini keputusannya udah final dan gabisa diganggu gugat lagi. Dan dia pun terus ngatain gue nyebelin lah apa lah, tapi gue seneng banget sampe ada temen gue yg segitu gamaunya gue pergi. Akhirnya hari itu pun datang, hari dimana gue harus menginjakkan kaki di kota Palembang. Sampe di bandara Palembang gue kaget banget, buset dah panas amat disini ga kaya di Bandung, tapi nyokap malah ngomel karna baru segitu aja gue udah ngeluh. Gue pasrah, gue sedih banget harus ninggalin kota Bandung tercinta dan memori indah tentang Bandung pun terbang di pikiran gue pas asik-asik gue mikirin Bandung, temen bokap yg jemput kita pun dateng, sebut saja namanya Pak John (nama tidak disamarkan). Akhirnya gue sama bonyok dianterin ke tempat tinggal bokap gue di Palembang. Setelah nyampe, bokap langsung balik ke kantor, gue sama nyokap berdua di kota yg asing itu. Di Palembang gue jadi gendut gara-gara gue gapernah maen bola lagi (hahaha) padahal di Bandung gue selalu maen bola minimal 3 jam sehari, dan gue ga langsung sekolah pas nyampe Palembang, gue baru sekolah bulan Maret 2010, nah hari pertama gue sekolah gue kaget lagi gara-gara BAHASA, gue ga tau kalo kata "GALAK" punya arti yg beda di Palembang, waktu itu gue lagi diem di meja, temen gue nawarin makanan tapi dia ngomongnya gini, "yo, galak ga?" gue kan bingung, dalam hati gue gue mikir, buset pertanyaannya spontan amat nanya gue galak apa enggak. Gue jawab "engga, aku baik ko.. hhe" dengan senyum polos tanpa dosa, dia pun nepuk jidatnya sendiri (ya iyalah, masa jidat gue). "Sorry yo, maksud aku mau ga?" Oooooh, maksudnya nawarin makanan to?  "oh, oke thanks ya!" kata gue. Dari situ gue tau kalo kata galak tu maknanya lain disini, pas gue critain di rumah kita ketawa-ketawa sendiri di rumah. Gue pikir lucu amat orang nanya apa gue jawab apa.

Gue yg sekarang emang beda banget sama waktu di Bandung, disini gue jadi pendiem banget karna gabisa nimbrung obrolan temen-temen gara-gara masalah bahasa yg masih belum bisa kuasai sampe sekarang. Padahal di Bandung gue tu orangnya gabisa diem banget, sampe semua guru pasti kenal sama gue gara-gara keributan gue. Gue baru lulus SMP taun ini dengan nem yg standard aja, 39,8 (boong ding, cuma 29,5 hehe) gue bersyukur karna bisa masuk SMA unggulan di Palembang ini (prokprokprok, bangga), karna tes SMA unggulan tu tesnya sebelum UN, Allah pun bantu gue di tes itu dengan lucky gue yg luar biasa, gue pun bersukur banget karna bisa lolos tes. Dan hidup baru gue mulai lagi di tempat baru, gue cuma berharap gue bisa membahagiakan orang di sekitar gue lewat senyum gue (hueekss).

Itu cerita gue, ga bagus sih cuma berkesan banget buat gue. :)

                                                                                                                                      adit_kristian

0 comments:

Post a Comment